Kenali Apa itu Media Relations: Fungsi, Kegiatan dan Strategi

Media memiliki dampak yang sangat besar terhadap reputasi suatu perusahaan. Sebab media adalah sarana publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan.

Pada saat ini, bagi seorang Public Relations membangun reputasi di era digital sangatlah penting, namun itu juga merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi. Pemanfaatan media relations menjadi salah satu strategi bagi perusahaan untuk menjalin hubungan dengan pihak luar. Bagaimana tidak? Saat ini media mempunyai peran penting dalam arus informasi yang tersaji begitu cepat di tengah-tengah masyarakat.

Masyarakat sekarang bisa mendapatkan informasi dari berbagai media yang tersedia, seperti media cetak, media elektronik, dan juga media sosial. Oleh karena itu berbagai perusahaan terus berupaya untuk menjalin hubungan baik dengan media, melalui aktivitas media relation secara konsisten. 

Lalu, apa sih sebenarnya media relations itu? Yuk simak artikel ini untuk lebih lengkapnya!

Apa itu Media Relations?

salah satu media relations dengan pemanfaatan podcast untuk menjalin kerja sama.

Jadi, Media Relations atau relasi media dapat digambarkan sebagai penerapan aktivitas oleh Public Relations yang berhubungan dengan media massa. 

Tujuan interaksi dari kegiatan media relations adalah memberikan informasi berupa, berita, pesan, ataupun cerita yang layak untuk disampaikan oleh perusahaan.

Media memiliki dampak yang sangat besar terhadap reputasi suatu perusahaan. Sebab media adalah sarana publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan. Apabila media memberitakan hal-hal yang buruk mengenai suatu perusahaan, hal itu dapat membuat reputasi perusahaan itu hancur. Berbeda halnya jika media memberitakan hal-hal yang baik maka otomatis reputasi perusahaan akan meningkat.

Oleh karena itu adanya kegiatan ini sangatlah penting untuk menjalin sebuah hubungan dengan berbagai media lain.

Fungsi Media Relations

Beberapa fungsi dari adanya kegiatan Media Relations bagi perusahaan adalah:

1.  Membangun citra yang baik bagi perusahaan.

Citra positif perusahaan merupakan sebuah kesan, gambaran, pandangan baik yang dinilai oleh individu atau kelompok terhadap suatu perusahaan.

Apabila perusahaan sudah mendapatkan citra yang positif, maka tidak akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan publik.

2. Meningkatkan rasa percaya publik kepada perusahaan. 

Kepercayaan publik atau konsumen terhadap perusahaan sangatlah penting, namun ketika perusahaan sudah mendapatkan rasa kepercayaan konsumen maka perusahaan wajib untuk menjaganya. 

Tujuan dari adanya rasa kepercayaan adalah agar bisa meningkatkan perkembangan bisnis yang ada. Kepercayaan merupakan syarat mutlak bagi berkembangnya sebuah bisnis perusahaan. 

Kepercayaan sendiri membutuhkan waktu yang panjang dan upaya yang terencana. Maka dari itu, bagi perusahaan membangun rasa kepercayaan merupakan tantangan tersendiri.

3. Menampik isu-isu negatif atas perusahaan.

Ketika sudah berhasil membangun citra yang positif dan juga meningkatkan rasa percaya maka yang selanjutnya fungsi dari media relations adalah menampik isu-isu negatif yang menerpa perusahaan anda. 

Pentingnya Kegiatan Media Relations

Gambaran media relations dalam siaran televisi.

Apa Sih pentingnya kegiatan media relations bagi perusahaan Anda?. 

Beberapa contoh manfaat dari kegiatan media relations:

1. Meningkatkan Brand Awareness.

Yang pertama adalah untuk meningkatkan brand awareness dari sebuah perusahaan. Adanya kampanye yang baik media relations juga dapat membuat meningkatnya brand awareness dari sebuah perusahaan. 

Secara tidak langsung, ini sebagai pihak ketiga yang membantu meningkatkan brand awareness perusahaan anda. 

2. Membangun Hubungan yang Baik dengan Media

Seperti yang Anda ketahui media relations dapat berhubungan langsung dengan media. Hal ini dapat membantu perusahaan Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan media.

Mengapa demikian? Karena ketika perusahaan Anda telah mempunyai hubungan yang baik, maka besar kemungkinan untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.

3. Membantu Mengendalikan Krisis

Pada sebuah perusahaan, krisis bisa saja terjadi. Dengan adanya media relations atau relasi media dapat membantu Anda untuk mengendalikan dan juga mengembalikan dengan memberikan berita berupa informasi yang positif terkait perusahaan tersebut.

Strategi Media Relations: Cara Membangun Reputasi Perusahaan

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh perusahaan untuk membangun atau menjalin interaksi dengan para media, cara-cara ini dapat Anda lakukan dengan beberapa macam kegiatan. Yang tentunya tidak bersifat terbuka untuk umum, melainkan hanya perusahaan dengan media, diantaranya adalah:

1. Kunjungan Media

Yang pertama adalah, Anda dapat membuat rencana atau agenda untuk berkunjung ke kantor-kantor media dengan rutin, terutama dengan pihak-pihak yang biasa berhubungan baik dengan perusahaan Anda. 

Selain dapat menguntungkan perusahaan Anda, kegiatan ini juga merupakan cara yang efektif untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan Anda dengan media.

2. Press Tour

Misalnya ketika perusahaan Anda membuka tempat wisata baru. Maka kegiatan yang cocok untuk ini adalah Press Tour. Ajak rekan-rekan media untuk mengunjungi lokasi tersebut. Dengan itu para media akan dapat meliput hal-hal yang ada di lokasi. 

Pada agenda kegiatan ini, biasanya perusahaan akan menganggung semua akomodasi.

3. Buat Grup Obrolan

Tidak hanya dengan luar jaringan, platform pesan singkat juga dapat Anda manfaatkan untuk berkomunikasi dengan media.

Anda dapat membuat grup chat yang di dalamnya ada para jurnalis untuk saling berkomunikasi. Cara ini dapat lebih efisien untuk saling bertukar informasi daripada dengan komunikasi satu persatu atau pribadi. 

4. Konferensi Pers

Pada pertemuan ini bertujuan untuk para wartawan, sampai wartawan-wartawan tersebut mendapatkan informasi paling update terkait sebuah berita tertentu.

Cara ini sering kali terdengar, terutama pada media elektronik TV. Bagi seorang public relations, kegiatan konferensi pers sangatlah efektif untuk isu yang sedang terjadi dalam organisasi tersebut.

5. Media Gathering

Selanjutnya merupakan kegiatan yang mengumpulkan beberapa orang dari media pada satu perusahaan sekaligus. 

Tujuannya sama yaitu untuk saling bertukar informasi, acara ini mirip seperti konferensi pers. Namun acara ini sifatnya tidaklah formal dan lebih tertutup.

6. Press Workshop

Kegiatan ini merupakan pelatihan pada perusahaan guna media mengenai topik-topik yang baru.

Masih banyak lagi contoh-contoh kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan. Pada intinya di dalam kegiatan tersebut harus memiliki tujuan yang positif

Kemampuan Penting dalam Media Relations

Ada beberapa kemampuan atau skill yang harus dimiliki pada media relations yang dapat membantu Anda untuk mensukseskan media relations, diantaranya adalah:

1. Komunikasi

Kemampuan pertama dan paling utama yang harus dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik. Anda akan berhubungan dengan banyak orang dan media, keahlian ini sangat dibutuhkan untuk sebelum nantinya mencapai kesepakatan.

2. Problem Solving

Untuk keahlian selanjutnya tidak kalah pentingnya dan harus dimiliki pada dunia industri. Apabila Anda sedang dihadapkan dengan masalah, keahlian ini akan sangat berguna.

3. Membangun Relasi Baik

Keahlian ini sangat penting untuk membangun hubungan baik antara perusahaan dengan media.

Dengan mempunyai hubungan yang baik, perusahaan akan mengalami nilai yang positif dan dapat meningkatkan kepercayaan.

Apabila ketiga keahlian tadi bergabung, maka kegiatan media relations akan berjalan dengan sangat sempurna.

Baca juga:https://eventkami.id/seo-pengertian-tujuan-dan-cara-kerja

Penutupan

Media relations atau relasi media yang ada di perusahaan memang mungkin cuma salah satu dari banyak strategi pemasaran. Akan tetapi cara ini dapat melengkapi proses brandi dari perusahaan Anda.

Kunci dari kegiatan media relations adalah konsistensi. Konsistensi juga penting pada konten publikasi, agar tidak membuat bosan. Para public relations juga harus selalu memberikan informasi kepada para media secara rutin.

Dan pada akhirnya hubungan dengan media dapat meningkatkan atensi dan kredibilitas perusahaan.

Setelah membaca beberapa informasi di atas, tentunya dapat menambah pengetahuan Anda. Selanjutnya, Anda dapat menerapkan pada bisnis Anda.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. See you next article guys!.

Bagikan:
Taffia Putri
Taffia Putri
Articles: 4
Created with 💕 by:
Professional Digital Invitation & Creative Agency