Dalam proses penyampaian suatu produk dari produsen menuju konsumen membutuhkan perantara. Perantara antara konsumen dengan produsen terkenal dengan sebutan distributor. Untuk menyalurkan barang atau layanan, distributor membutuhkan adanya marketing channel.
Marketing channel atau saluran pemasaran ialah jalur atau rute yang menjadi satu strategi produsen agar produk atau layanan bisa sampai pada konsumen.
Proses penyampaian produk hingga ke konsumen dapat melibatkan berbagai pihak yang meliputi orang, aktivis, organisasi, bahkan pengecer, agen, grosir, dan lain sebagainya.
Pada tulisan ini kami akan membahas mengenai digital marketing channel dan mass marketing channel.
Daftar isi
Digital Marketing Channel
Digital marketing channel adalah platform atau media sebagai salah satu strategi untuk menjangkau audiens agar produk atau layanan yang sedang kita tawarkan dapat diketahui maupun terjangkau oleh konsumen.
M arketing channel memiliki banyak manfaat dan keuntungan dalam penggunaannya. Selain mudah, juga murah dalam segi tenaga maupun biaya.
Digital marketing channel memiliki beberapa jenis. Tidak semua jenis digital marketing bisa kita terapkan untuk proses pemasaran. Pemilihan tersebut harus seusai pada target produsen dalam mengelola bisnis tersebut.
salah satu digital marketing channel yang bisa kamu hubungi eventkami.id.
Pengertian Marketing Channel
Marketing channel merupakan saluran yang dapat menghubungkan antara pebisnis dengan calon konsumen tanpa harus saling bertemu dan bertatap muka, sehingga prosesnya menjadi lebih praktis.
Manfaat marketing channel
Saluran pemasaran yang tepat dapat memberikan manfaat besar bagi bisnis Anda, mulai dari meningkatkan kesadaran merek hingga menghasilkan lebih banyak penjualan. Mari kita jelajahi manfaat marketing channel dalam artikel ini.
1. Targeting yang lebih baik
Manfaat utama penggunaan digital marketing channel ialah dapat melakukan targeting terhadap konsumen dengan baik. Melalui informasi demografis, sejarah pencarian dan data lainnya produsen dapat mengetahui perkiraan konsumen dengan suatu kriteria. Kriteria konsumen berdasarkan pada konsumen yang memiliki ketertarikan terhadap produk. Dengan begitu, proses promosi dapat berjalan tepat sasaran dan memberikan hasil yang memuaskan.
2. Analisis yang lebih baik
Digital marketing channel dapat memberikan hasil promosi yang maksimal. Apakah promosi tersebut memberikan impact yang cukup besar bagi para konsumen atau malah sebaliknya. Dengan adanya hasil ini, dapat memudahkan produsen untuk mengetahui strategi yang tepat dan memberikan hasil yang memuaskan dalam proses pemasaran produk mereka. Serta strategi mana yang sebaiknya tidak tidak terpakai atau hanya perlu melalui proses perbaikan saja. Ini dengan tujuan sehingga proses pemasaran dapat berjalan dengan maksimal.
3. Biaya yang lebih rendah
Proses pemasaran dengan menggunakan digital tidak memerlukan biaya yang cukup mahal jika kita bandingkan dengan pemasaran secara tradisional. Pemasar tidak perlu mencetak brosur, pamphlet atau informasi tentang produk kemudian menyebarkannya kepada setiap orang maupun di setiap sudut jalan. Hanya saja, cukup dengan membuat pamflet digital kemudian sebarkan informasi tersebut melalui media online maka informasi mengenai produk akan tersampaikan kepada para konsumen. Apalagi di era digital ini kebutuhan manusia tidak hanya bersosialisasi melalui dunia nyata saja melainkan di dunia nyata pula.
4 rekomendasi marketing channel
Meningkatkan kesadaran merek dan menarik pelanggan baru membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Simak 4 rekomendasi saluran pemasaran terbaik berikut ini.
1. Website
Website menjadi salah satu marketing channel yang cukup efektif. Ini merupakan salah satu platform yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Melalui website, perusahaan dapat memberikan informasi yang valid mengenai perusahaan mereka serta produk yang sedang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.
Berikut beberapa praktik sebagai contoh strategi agar sebuah website dapat menjadi platform digital marketing channel.
• Buat user-friendly
Website Anda harus mudah terlebih dahulu melalui proses navigasi dan memiliki struktur yang jelas.
• Optimasi
Gunakan kata kunci dan teknik SEO lainnya untuk membantu meningkatkan peringkat website Anda dalam hasil mesin pencari.
• Sertakan CTA
Dorong pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian, mengikuti media sosial, atau melakukan subscribe email.
• Unggah konten
Anda dapat memberikan konten yang menarik dan informatif untuk meningkatkan keterlibatan dan mengedukasi pengunjung website.
• Melakukan integrasi dengan media sosial
Anda dapat menautkan website ke profil media sosial Anda dan permudah pengunjung untuk membagikan konten Anda di media sosial.
• Pantau dan analisis lalu lintas website
Anda dapat menggunakan alat seperti Google Analytics untuk melacak bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda dan lakukan penyesuaian seperlunya.
2. Media sosial
Salah satu digital marketing channel yang sedang banyak diminati orang saat ini adalah media sosial. Pemasaran melalui media sosial melibatkan penggunaan website dan media sosial dalam proses pemasaran suatu produk.
Ada berbagai macam platform digital yang dapat digunakan dalam proses pemasaran, tergantung dari kebutuhan masing-masing produsen karena setiap media sosial memiliki fitur yang berbeda-beda.
3. PPC (pay-per-click)
Saluran pemasaran digital melalui PPC merupakan pemasaran yang melibatkan penempatan iklan di mesin pencari. Apabila iklan tersebut di klik, maka pengguna akan dikenai biaya untuk melihat iklan tersebut.
4. Email marketing
Digital marketing channel melalui e-mail marketing merupakan salah satu cara pemasaran yang cukup efektif. Pemasaran ini dilakukan dengan cara mengirim e-mail kepada orang atau sekelompok orang mengenai produk yang sedang ditawarkan oleh suatu perusahaan.
Ada sejumlah praktik terbaik yang dapat Anda ikuti terkait pemasaran email, termasuk:
• Mendapatkan izin untuk mengirim email: Penting bagi setiap bisnis untuk hanya mengirim email ke orang yang telah memberi izin untuk melakukannya. Ini dapat dilakukan melalui proses subscribe, di mana audiens secara eksplisit setuju untuk menerima email dari Anda.
• Personalisasi email: Email yang dipersonalisasi cenderung lebih efektif daripada yang dituju untuk umum. Jadi, cobalah untuk menggunakan nama penerima dan informasi pribadi lainnya saat menyusun email.
• Menggunakan subjek yang menarik: Subjek adalah apa yang membuat orang membuka email Anda, jadi pastikan itu dapat menarik perhatian.
• Optimalkan untuk mobile: Banyak orang yang membaca email di smartphone. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengoptimalkan email Anda untuk perangkat mobile.
• Melacak dan menganalisis hasil: Penting untuk melacak hasil kampanye email Anda dan melakukan penyesuaian lebih lanjut berdasarkan data. Ini dapat membantu Anda meningkatkan efektivitas email dari waktu ke waktu.
Mass Marketing Channel
Mass marketing channel atau saluran pemasaran massal merupakan strategi pemasaran yang berfokus pada penyebaran produk secara luas tanpa memperhatikan ceruk demografis konsumen.
Penggunaan mass marketing channel untuk memasarkan suatu produk yang pasti bermanfaat oleh semua orang dari berbagai kalangan. Misalnya produk shampoo, sabun mandi, sabun cuci, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.
Proses penerapan pemasaran mass marketing channel dapat secara tradisional melalui iklan radio, TV, pamflet, sales dan lain sebagainya.
Manfaat mass marketing channel
Meskipun dengan cara tradisional, akan tetapi mass marketing channel masih tetap menjadi pilihan produsen dalam memasarkan produk mereka. Berikut beberapa manfaat dari pemasaran yang dapat Anda lakukan secara massal.
1. Lebih banyak pelanggan potensial
Perusahaan mengutamakan penjualan dengan skala yang cukup tinggi dengan mengabaikan segmentasi pasar. Alhasil, konsumen akan datang dalam jumlah yang cukup besar. Tidak hanya itu ini juga akan mengakibatkan produk yang dapat menjangkau seluruh kalangan.
2. Skala ekonomi lebih tinggi
Dengan penjualan yang tinggi, maka keuntungan yang produsen dapatkan juga akan tinggi. Hal tersebut dapat menjadi strategi produsen untuk memilih bahan dengan harga serendah mungkin dan memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
3. Penjualan tinggi
Karena produk yang Anda tawarkan dapat menjangkau berbagai kalangan, maka para produsen dapat menikmati penjualan yang tinggi.
4. Kurang rentan terhadap perubahan selera
Produk yang Anda tawarkan dalam marketing massal ini memiliki standar rata-rata dan mengabaikan selera dari konsumen. Oleh sebab itu, perbedaan selera antar konsumen tidak berpengaruh terhadap penjualan dari produk ini.
5. Menghemat biaya pemasaran
Dalam proses pemasarannya, produsen menggunakan prinsip “satu ukuran untuk semua”, maka semua pembeli dari berbagai kalangan dapat menikmati produk. Alhasil, para konsumen menjadi tergiur dan merasa aman saat hendak membeli produk.
Tips memilih marketing channel yang sesuai dengan bisnis
1. Menentukan target market
Langkah pertama dalam menentukan marketing channel adalah menentukan target market atau target pasar. Tentukan kepada siapa produk ini ingin produsen tawarkan. Apakah untuk remaja, lanjut usia, anak-anak, pekerja kantoran dan lain sebagainya. Dengan menetapkan target market yang tepat maka produsen dapat menentukan saluran pemasaran yang tepat.
2. Perhatikan alokasi budget
Proses pemasaran suatu produk membutuhkan biaya dan tenaga. Maka dari itu, selain mencari keuntungan dan popularitas maka produsen harus memperhatikan alokasi budget untuk melakukan pemasaran tersebut. Apabila tidak melalui proses perencanaan, bisa terjadi over budget yang akan menjadi masalah keuangan bagi suatu perusahaan kedepannya.
3. Channel yang tepat
Tips ini adalah yang paling penting, Anda perlu memilih sluran pemasaran yang tepat sesuai dengan persiapan. Jenis marketing channel mana yang mampu menjangkau target pasar Anda sesuai dengan budget awal. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan dengan target periodik. Misalnya Anda ingin meningkatkan brand awareness terlebih dahulu sebelum pada target penjualan, maka sosial media dan afiliasi dapat menjadi solusi yang tepat.
Penutup
Demikianlah beberapa rekomendasi saluran pemasaran terbaik yang dapat membantu bisnis Anda meraih sukses. Ingatlah bahwa setiap saluran pemasaran memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, dan tidak ada satu saluran pemasaran tunggal yang dapat menjadi solusi untuk semua kebutuhan pemasaran Anda.
Oleh karena itu, pastikan untuk mengambil waktu Anda untuk mengevaluasi setiap saluran pemasaran dan menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan memilih saluran pemasaran yang tepat dan mengoptimalkan kampanye pemasaran Anda, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek, menarik pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Selamat mencoba!