Company Profile: Cara Membuat Branding Perusahaan

Membuat branding yang kuat untuk perusahaan Anda dapat membantu membangun citra yang positif di mata calon pelanggan dan klien. Pelajari tentang bagaimana membuat pesan yang konsisten, menentukan nilai inti perusahaan Anda, menargetkan audiens yang tepat, dan menggunakan media sosial untuk memperkuat branding perusahaan Anda.

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan untuk membranding perusahaannya adalah memiliki company profile. Company profile merupakan sebuah tulisan atau data yang memuat informasi mengenai suatu perusahaan sehingga perusahaan tersebut dapat diketahui oleh khalayak ramai. 

Informasi yang tertera mengenai sebuah perusahaan dapat membangun citra dan reputasi yang baik di mata publik. Informasi mengenai perusahaan yang berada online maupun offline dianggap sebagai suatu media yang cukup efektif untuk membranding suatu perusahaan. Ringkasan ini memuat berbagai informasi mengenai suatu perusahaan yang dibutuhkan oleh publik. 

Apa itu Company Profile

Company profile ialah ringkasan perkenalan professional tentang sebuah perusahaan. Ringkasan tersebut  berisi identitas perusahaan, visi misi, tujuan, dan informasi tambahan lainnya yang berkaitan dengan perusahaan. 

Secara luas, company profile bertujuan memberitahukan mengenai keberadaan perusahaan serta informasi terperinci di dalamnya. Sehingga khalayak akan lebih mengenal dan memiliki perhatian terhadap perusahaan tersebut.

Contoh Company Profile

Ada banyak sekali contoh dari format informasi sebuah perusahaan yang dapat menjadi referensi suatu perusahaan.

Langkah-langkah membuat  company profile

Berikut Langkah-langkah dalam membuat company profile suatu perusahaan.

1. Tentukan tujuan dengan jelas

Suatu perusahaan membuat ringkasan informasi mengenai perusahaan mereka harus memiliki tujuan yang jelas. Sehingga isi dapat disesuaikan dengan tujuan dari pembuatan informasi tersebut. Setelah tujuan dari pembuatan informasi selesai dibuat, selanjutnya tentukan segmentasi pasar, produk yang akan dipasarkan dan lain sebagainya.

2. Sewa penulis

Penulisan dalam ringkasan informasi  harus ditulis semenarik mungkin karena masuk dalam company branding. Maka dari itu, penulisan dari informasi harus dilakukan oleh orang yang profesional di bidangnya. bahkan , perusahaan dapat menyewa penulis jika diperlukan.

3. Original

Company profile harus dibuat se-original mungkin sehingga perusahaan tidak kehilangan identitasnya. Apabila perusahaan meniru company profile dari perusahaan lain maka ia akan kehilangan identitasnya. Cukup meniru format dan gaya penulisannya saja, mengenai isi bisa dikembangkan sesuai dengan kreatifitas penulis dan sesuai dengan keadaan lapangan.

4. Pilih Gaya

Sesuaikan gaya penulisan dari informasi mengenai perusahaan dengan target pasar yang dituju. Sehingga informasi tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan bisa diterima oleh target pasar suatu perusahaan

5. Outline Company Profile

Company profile pada umumnya memiliki struktur: profil perusahaan, sejarah perusahaan, orang-orang yang terlibat, nilai, dan usaha yang dijalankan perusahaan. Jangan lupa sampaikan dalam bentuk cerita sehingga dapat diterima lebih personal oleh pembaca. Jangan lupa memberikan informasi kontak yang bisa dihubungi.

6. Proofreading

Setelah berbagai informasi mengenai perusahaan selesai dibuat, jangan lupa untuk melakukan pengecekan Kembali company profile tersebut. Barangkali ada beberapa point yang terlewatkan yang belum dicantumkan di dalamnya dan dapat menjadi nilai tambahan informasi suatu perusahaan.

Isi company profile

1. Detail perusahaan

Dalam company profile, masukkan informasi-informasi mengenai identitas perusahaan. Misalnya nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, situs web yang bisa dikunjungi dan lain sebagainya.

2. Informasi Dasar Perusahaan

Pada bagian ini, jelaskan mengenai informasi yang menjadi dasar ataupun landasan dari perusahaan ini. Misalnya visi dan misi perusahaan, sejarah, pertumbuhan, deskripsi perusahaan, info layanan dan lain sebagainya. 

Informasi dasar perusahaan ini dapat diisi sesuai dengan kemauan perusahaan. Tidak semua perusahaan merasa perlu mencantumkan sejarah dari perusahaannya.

3. Pencapaian perusahaan

Pencapaian perusahaan perlu dituliskan oleh setiap perusahaan untuk membuktikan kredibilitas dari perusahaan. Saat menuliskan pencapaian maka dapat dicantumkan sertifikat, program ataupun proyek khusus yang sudah dijalankan, testimoni, ulasan ataupun pengakuan dari berbagai media dan berita.

4. Informasi tambahan

Apabila terdapat informasi tambahan mengenai perusahaan yang dapat dicantumkan dalam company profile, maka dapat dicantumkan pula. Adapun informasi tambahan tersebut antara lain penjualan tahunan, jumlah karyawan, mitra dan informasi tambahan lainnya yang dapat mendukung dan menjadi nilai tambah suatu perusahaan. 

Cara membuat Company Profile 

1. Cover Depan

Dalam cover depan, informasi yang perlu dicantumkan ialah nama perusahaan beserta logo perusahaan. Cover harus dibuat menarik karena menjadi kesan pertama pembaca terhadap citra suatu perusahaan sebelum ia mengetahui secara detail informasi mengenai perusahaan tersebut. Maka dari itu, usahakan membuat cover yang menarik pembaca. 

2. Daftar Isi

Daftar isi salah satu komponen penting. Ini hanya bersifat opsional untuk profile sebuah perusahaan. Tidak semua perusahaan mencantumkan daftar isi dalam informasi perusahaan mereka. Akan tetapi, beberapa pembaca hanya ingin mengetahui informasi inti ataupun informasi yang mereka perlukan saja mengenai perusahaan tersebut. Maka perusahaan harus mencantumkan daftar isi sehingga pembaca tidak merasa kebingungan apabila hendak mencari informasi tertentu mengenai perusahaan tersebut. Apabila company profile yang dibuat sangat singkat sehingga informasi bisa terlihat dengan jelas maka tidak perlu adanya daftar isi. 

3. Sejarah, Deskripsi dan Struktur Organisasi Perusahaan

Pada bagian selanjutnya, sebagai perkenalan perusahaan cantumkan sejarah berdirinya perusahaan tersebut. Sertakan pula tokoh yang mendirikan perusahaan sehingga dapat berkembang pesat hingga saat ini. Dengan begitu, pembaca akan merasa seolah-olah berada dalam perjuangan membangun perusahaan tersebut dan memiliki ketertarikan terhadap perusahaan. 

Cantumkan pula struktur organisasi perusahaan saat ini, sehingga pembaca juga memahami kepemimpinan dari perusahaan sekarang. Selain itu juga dapat menilai perkembangan dari perusahaan tersebut. 

4. Visi dan Misi Perusahaan

Ini merupakan informasi yang penting untuk ada dalam sebuah company profile. Visi dan misi merupakan sebuah landasan bagi perusahaan. Arah perjalanan perusahaan ditentukan oleh visi dan misi yang hendak dicapainya. Dengan visi dan misi yang hebat dapat menunjukkan bahwa perusahaan tersebut siap melakukan hal yang terbaik demi kenyamanan konsumen. 

5. Produk dan Jasa Perusahaan

Pada bagian inti, sertakan produk ataupun jasa yang dikelola oleh perusahaan tersebut. Penulisan produk dan jasa ini sebagai inti dari sebuah company profile dan menjadi hal yang akan dibutuhkan oleh pembaca apabila membaca sebuah informasi. Deskripsikan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, sertakan spesifikasi serta keunggulan dari produk tersebut sehingga pembaca dapat tertarik untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan. 

6. Kelebihan Perusahaan

Untuk lebih menarik pembaca terhadap sebuah perusahaan, maka cantumkan pula kelebihan dari perusahaan tersebut dibandingkan perusahaan lainnya. Dengan adanya kelebihan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Pembaca akan mempertimbangkan lebih lagi untuk tidak memilih perusahaan lain. 

7. Pencapaian Perusahaan, Portofolio dan Sertifikat

Sebagai bukti atas integritas sebuah perusahaan, cantumkan pencapaian-pencapaian apa saja yang sudah dimiliki oleh perusahaan. Sertakan portofolio dan sertifikat sebagai bukti dari adanya pencapaian tersebut. 

8. Dokumentasi Perusahaan 

Sebelum mengakhiri sebuah profile perusahaan Anda, cantumkan dokumentasi mengenai perusahaan. Dokumentasi bisa berupa kegiatan yang sedang berjalan di perusahaan, ruang kerja perusahaan, fasilitas yang disediakan oleh perusahaan, dan lain sebagainya. Dokumentasi bisa sebagai bukti pendukung dari informasi yang dicantumkan pada bagian sebelumnya sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap perusahaan. 

9. Cover Belakang 

Sebagai akhir sekaligus penutup sebuah company profile, cantumkan mengenai informasi kontak yang bisa dihubungi apabila hendak menjalin kerja sama atau memiliki keperluan terhadap perusahaan. Cover belakang juga harus dibuat dengan menarik sama halnya dengan cover depan. 

Penutup

Membuat branding yang kuat untuk perusahaan Anda adalah langkah penting untuk membangun citra yang positif di mata calon pelanggan dan klien. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa langkah penting dalam membuat company profile yang efektif dan strategi branding yang tepat.

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan perusahaan Anda dapat membangun citra yang positif dan mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan dan klien. Selain itu, selalu ingat untuk mengikuti tren terbaru dalam branding dan pemasaran, dan selalu terbuka terhadap umpan balik dari pelanggan dan klien Anda.

Bagikan:
Khusna Kiswatul Azizah
Khusna Kiswatul Azizah

@khsnazzah

Articles: 10
Created with 💕 by:
Professional Digital Invitation & Creative Agency